Jumat, 20 November 2020

Peran dan Pemangku Kepentingan dalam Menumbukan Murid Merdeka Belajar

Peran dan Pemangku Kepentingan dalam Menumbukan Murid Merdeka Belajar     



        Dalam suatu komunitas atau organisasi bahwasanya diperlukan tim yang sangat solid dan kolaboratif untuk menggapai visi di dalamnya. Seperti halnya dalam dunia pendidikan terutama dalam lingkup Sekolah, Untuk mewujudkan visi menumbuhkan murid yang merdeka belajar maka dari itu dibutuhkan beberapa Peran dan Pemangku kepentingan dalam menumbuhkan Visi tersebut, diantaranya :

1. Sekolah

2. Pemerintahan

3. Masyarakat

Bagaimana Peran-peran tersebut sangat begitu penting dalam mewujudkan Murid merdeka Belajar? Siapa sajakah yang terlibat di dalamnya? Apa saja hal-hal positif yang bisa kita gunakan dalam mewujudkan visi tersebut. Mari kita gali informasi terhadap Peran dan Pemangku Kepentingan dalam Pendidikan dalam Mewujudkan Visi Murid Merdeka Belajar.



Dalam suatu komunitas atau organisasi bahwasanya diperlukan tim yang sangat solid dan kolaboratif untuk menggapai visi di dalamnya. Seperti halnya dalam dunia pendidikan terutama dalam lingkup Sekolah, Untuk mewujudkan Visi Merdeka Belajar, maka sekolah perlu membutuhkan tim kolaboratif yang solid. Siapakah tim yang turut andil dalam mewujudkan visi tersebut dalam lingkup Sekolah? Yaitu : Kepala Sekolah sebagai pemimpin untuk menggerakkan dan memimpin rekan guru dan staff lain dalam menyusun Visi dan mengawasi dalam pelaksanaan mewujudkan Visi. Komitmen dan Kolaboratif yang kuat antar Rekan sejawat sebagai tim pelaksana kuat dalam mewujdkan visi murid merdeka belajar, sehingga bisa saling mengevaluasi dan merefleksi atas visi yang dijalankan.

Visi belum sempurna untuk dilaksanakan tanpa peran pemangku pemerintahan. Pemerintah setempat selaku pemberi wewenang suatu kebijakan khususnya menyangkut penyelenggaraan pendidikan dalam mewujudkan Murid merdeka belajar. Mulai dari Kemdikbud, Walikota, Dinas Pendidikan, Pengawas bahkan RT/RW setempat dilingkungan sekolah yang bersangkutan. Dan peran yang telah disebutkan diatas dibutuhkan dan turut andil untuk mengawasi dalam pelaksanaannya.

Untuk mewujudkan suatu visi dalam menumbuhkan Murid merdeka Belajar tentunya Visi tersebut tidaklah akan berjalan secara utuh. Menumbuhkan murid merdeka tidak akan mampu untuk jauh dari perilaku, sosial ataupun budaya yang ada di masyarakat sekitarnya (Kodrat Alam), Maka dari itu peran masyarakat yang terdiri dari Orangtua/Komite Sekolah/Tokoh masyarakat sangat penting untuk terlibat dalam mewujudkan visi tersebut, serta bisa menjadi media untuk mensosialisasikan Visi Murid Merdeka Belajar kepada masyarakat lainnya. Selain itu LSM, Toko Buku/Kontraktor Bangunan pun turut andil dalam mewujudkan visi sebagai penyedia sarana kebutuhan Sekolah.

Dengan mengandalkan potensi yang ada serta kekuatan para pemangku kepentingan tersebut  yang dapat mendukung suatu visi, mulai dari stakeholder Sekolah, Pemerintahan dan Masyarakat setempat maka diharapkan Mampu Membawa dan Mewujudkan Pendidikan Indonesia Yang Berpihak Pada Murid, Pacasilais, Holistik dan Merdeka Belajar.


Ratna Hidayati, S.Pd

SD Negeri Citeureup 07

CGP Kabupaten Bogor - Jawa Barat

PDP034

0 komentar:

Posting Komentar