Revisi kedua Rancangan Program Aksi Nyata.
Fasilitator : Bpk. Dr. Cep Unang Wardaya, S, Ag, M. Si
Pendamping : Bpk. Fajar Sidiq Setiawan, M.Pd, G,r
MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN
TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN
MENGGUNAKAN MEDIA JEJARING SOSIAL YOUTUBE
1. LATAR BELAKANG
Ki Hajar Dewantara merupakan pioner dan pelopor terbentuknya sistem pendidikan di Indonesia. Adapun semboyan yang terkenal “Ing Ngarso Sungtulodo (di depan memberi teladan), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan peluang, prakarsa atau ide), Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan)”.
Pendidikan menurut Pemikiran Ki
Hajar Dewantara menganut pemahaman bahwa pendidikan itu harus holistik dan
seimbang, tidak boleh timpang. Baik keseimbangan budi pekerti yang membawa anak
pada kebijaksanaan untuk berbagai disiplin ilmu, demikian juga pengajaran
merupakan bagian dari proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk
kecakapan hidup anak secara lahir dan batin, sedangkan pendidikan memberikan
tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar dia mampu
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai
seorang manusia mapun sebagai anggota masyarakat. Pendidik itu hanya dapat
menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar
dapat memperbaiki lakunya hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak.
Kondisi saat ini dengan adanya
pandemi Covid-19 memaksa sistem pendidikan mengikuti arus perubahan kodrat
zaman, melalui pola pembelajaran jarak jauh (PJJ), dimana siswa mengikuti
pembelajaran secara daring/luring dengan mengikuti protokol kesehatan yang
sangat ketat demi keselamatan generasi pembelajar dari bahaya virus Corona.
Oleh karena itu, sebagai calon guru penggerak dilakukan aksi nyata melalui judul “Membangun Karakter Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Media Youtube.”
2. TUJUAN
Adapun tujuan dari Rancangan Aksi Nyata ini adalah :
- Siswa
memiliki karakter mandiri.
- Meningkatkan
minat dan kemampuannya
- Mencari
pengetahuan serta termotivasi
- Menciptakan
hal baru, berinovasi, dan mempunyai rasa cinta terhadap kesenian juga
budaya.
- Berperilaku
berdasarkan inisiatif sendiri, dan melakukan kontrol diri.
3. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Adapun tujuan dari
Rancangan Aksi Nyata ini adalah :
- Siswa
memiliki karakter mandiri.
- Meningkatkan
minat dan kemampuannya
- Mencari
pengetahuan serta termotivasi
- Menciptakan
hal baru, berinovasi, dan mempunyai rasa cinta terhadap kesenian juga
budaya.
- Berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan melakukan kontrol diri.
6. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
•
Sekolah :
Sebagai tempat mengembangkan
berbagai potensi yang dimiliki siswa dengan program yang terstruktur dan
sistematis, memberikan tuntunan melalui pendidikan sesuai minat dan bakat murid
serta berpusat pada murid.
•
Masyarakat :
Sebagai tempat eksplorasi dan
eksistensi kemandirian dengan potensi kemandirian yang dimilikinya, mengkondisikan
lingkungan yang kondusif untuk kemandirian siswa.
7. TOLAK UKUR
Rancangan aksi nyata ini dikatakan berhasil jika :
- 80% s/d 100% siswa kelas 3 SD Negeri Citeureup 07
mengikuti pembelajaran dengan baik, meliputi materi yang disampaikan dan tugas
yang diberikan, laporan disampaikan dari komentar yang terlihat/laporan melalui
pesan media sosial lainnya (WA).
- 100% Siswa mengirimkan hasil karyanya melalui dokumentasi foto/video.
- Umpan balik yang positif dari murid ataupung orangtua siswa.
- Guru
menyiapkan materi yang akan disampaikan yaitu Materi Tema 2 Subtema 1
Pembelajaran 1
- Memberikan
sosialisasi/informasi mengenai pembelajaran melalui daring lewat pesan
media sosial (Whatsapp)
- Guru
memberikan materi pembelajaran yang telah dibuat kemudian dibagikan ke
media sosial youtube dengan alamat channel : https://youtu.be/SArKlXtT1fI
(Sesuai filosofis Ki Hajar Dewantara Kodrat Alam dan Kodrat zaman ; dampak covid19 belajar dari rumah) - Melalui bimbingan
Orangtua murid atau Keluarga di rumah, murid diberikan kesempatan untuk
berpartisipasi dalam pembelajaran dengan cara menjawab soal pada kolom
komentar pada youtube (Pendidikan berpusat pada murid)
- Melalui
bimbingan dan peran orangtua murid, murid diberikan kesempatan untuk
menghias gambar dekoratif tumbuhan sesuai dengan warna dan kreatifitas
masing-masing (Mengembangkan potensi anak sesuai minat dan bakatnya)
- Melaporkan
hasil karya murid oleh orangtua/wali murid melalui media sosial whatsapp.
- Menampung
umpan balik dari siswa/orangtua wali murid.
1.
Melalui bimbingan
dan peran orangtua, murid mengikuti pembelajaran via daring.
Dengan bimbingan orangtua/bimbingan keluarga di rumah, murid ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan jawaban pada kolom komentar pada youtube.
Hasil Karya Siswa
:
Testimoni orangtua
siswa.
10.
Kesimpulan Hasil
dari Rancangan Aksi Nyata :
Berhasil dilaksanakan.
11.
Refleksi/Evaluasi.
Dari
hasil Aksi Nyata yang telah dilaksanakan, dalam prosesnya didapatkan temuan
sebagai berikut :
Faktor pendukung (keberhasilan)
• Dukungan dari kepala
sekolah dan rekan guru sejawat
• Adanya kerja sama
dengan orang tua siswa
• Tersedianya kuota dan
perangkat pembelajaran
Faktor penghambat (kegagalan)
• Sinyal dan jaringan
internet yang tidak stabil
• Belum mumpuni dalam
penggunaan teknologi/masih proses belajar
•
Kesibukan orang tua dalam membimbing anaknya belajar dari
rumah.
•
Belum sepenuhnya
orangtua murid mempunyai dukungan fasilitas gawai dan internet.
Rencana Perbaikan Masa Mendatang
• Jalin komunikasi
dengan orang tua siswa
• Lebih inovatif dalam
penerapan metode pembelajaran
PENUTUP
Demikianlah laporan Aksi Nyata Rancangan Program modul 1.1.a.10 dengan Judul “Membangun Karakter Mandiri Siswa Dalam Pembelajaran Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Menggunakan Media Jejaring Sosial Youtube” telah dilaksanakan. Tanpa bimbingan dari Fasilitator dan Pendamping serta kolaborasi yang baik antar anggota Calon Guru Penggerak, pastinya tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu selaku penulis saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk kepenulisan selanjutnya selama Program Pendidikan Guru Penggerak ini berlangsung. Terima kasih.
Wassalaamu’alaikum
Wr Wb.
Salam Guru Penggerak
Merdeka dan Bahagia
Ratna Hidayati, S.Pd
SD Negeri Citeureup 07
Kabupaten Bogor - Jawa Barat
0 komentar:
Posting Komentar